Bermain tanda dan memaknai dengan semiotika

Pesan visual akan lebih bermakna jika anda tahu dan mengerti akan makna pesan yang ditampilkan dalam citra visual dari tanda dan simbol didalamnya. Jika kita ingin mengungkapkan sebuah penyadaran maka perlu mencari tanda untuk visualnya. Pesan moral dari iklan layanan masyarakat akan menjadi sebuah pesan komunikasi yang menarik tidak hanya sekedar teks verbal dari headline dan teks  semata. Pembacaan teks dan tanda-tanda di dalam sebuah iklan atau poster diperlukan perenungan karena memuat enigma (teka-teki) dalam citra visualnya. Kode-kode budaya dalam iklan atau poster perlu kita bongkar dalam pembacaan maknanya dengan semiotika.

Iklan

1 thought on “Bermain tanda dan memaknai dengan semiotika

  1. Bermain tanda dalam komunikasi visual untuk memberikan pesan penyadaran akan pentingnya sesuatu adalah tugas mulia. Beri pesan dan kesan anda tentang pesan komunikasi visual dalam media saat ini terkait dengan anti korupsi. Apa tidakan mulia anda, akan gerakan moral dari lembaga KPK selama ini? Bagaimana memaknai pesan iklan layanan masyarakat dari pesan anti korupsi? Mari berbagi dengan semiotika komunikasi visual.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s